Makna Hidup

Hidup tidak hanya untuk menerima pemberian dari yang telah Tuhan sediakan,

tapi kita hidup juga perlu untuk menjaga apa yang telah Tuhan berikan, mengembangkannya dan berbagai dengan sesama

Senin, 15 Maret 2010

Allah Tritunggal


KONSEP TRINITAS
(ALLAH  YANG TRITUNGGAL : BAPA, ANAK & ROH KUDUS)

Semua agama dan kepercayaan di dunia ini mengakui akan keberadaan Allah, meskipun cara mengartikan siapa Allah itu berbeda-beda.
Ada yang percaya kepada banyak Allah (politeisme), alam semesta/ benda adalah satu-satunya Allah (materialisme), semua bisa menjadi Allah (panteisme) dan juga ada pandangan yang menyatakan bahwa Allah setelah menciptakan alam semesta ini pergi meninggalkan alam semesta ini bergerak sendiri/ Allah sangat jauh dari manusia (deisme).

KEESAAN DAN KETRITUNGGALAN ALLAH
Alkitab tidak mengajarkan tentang tiga Allah. Tudingan orang-orang dari agama Islam khususnya yang menyatakan bahwa orang Kristen percaya tiga Allah tidaklah benar. Kita percaya kepada satu Allah (Ulangan 6:4; 4:35; 32:19; Yesaya 45:14; Keluaran 20:3).
Ulangan 4:35     Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHANlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia
Ulangan 6:4       Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa.
Yesaya 45:14    ................ mereka akan sujud kepadamu dan akan membujuk engkau, katanya: Hanya di tengah-tengahmu ada Allah, dan tidak ada yang lain; di samping Dia tidak ada Allah!
Keluaran 20:2-3 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku
Dalam Perjanjian Lama kita dapat menemukan ayat-ayat yang memberi pengertian bahwa Allah yang kita percaya itu bersifat jamak (Kejadian 3:22; 11:7; Yesaya 6:8). Jamak yang dimaksud adalah bahwa Allah itu terdiri dari pribadi-pribadi (pribadi artinya keberadaan yang p
Kejadian 3:22    Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."
Kejadian 11:7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing.
Seperti Perjanjian Lama, Perjanjian Baru juga menekankan bahwa hanya ada satu Allah yang benar (1 Korintus 8:4-6; Efesus 4:3-6; Yakobus 2:19).
1 Korintus 8:4 – 6  Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."(5) Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi -- dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian (6)  namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
Efesus 4:3 – 6  Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: (4:4) satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, (4:5) satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, (4:6) satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.
Yakobus 2:19    Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.
Allah yang satu dan benar itu menyatakan diri dalam tiga pribadi sebagai Bapa, Anak/ Yesus Kristus dan Roh Kudus. Bapa adalah Allah (Yohanes 6:27; 1 Petrus 1:2),
Yohanes 6:27    Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.
1 Petrus 1:2       yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu 

Yesus Kristus adalah Allah (Kolose 1:17; Yohanes 1:3; Matius 28:18-20),
Kolose 1:13 – 22  Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; ( 1:14)  di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. (1:15) Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, ( 1:16)  karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. (1:17) Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.(1:18) Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. (1:19) Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, (1:20) dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. (1:21) Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, (1:22) sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya
Yohanes 1:1-5   Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (1:2) Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. (1:3) Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.(1:4) Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.(1:5) Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
 Yohnes 1:9 – 14  Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.(1:10) Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.(1:11) Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.(1:14) Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Matius 28:18 - 20 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. (28:19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (28:20) dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Roh Kudus adalah Allah (Kisah para Rasul 5:3-4; 1 Korintus 2:10; 6:19).
Kisah Para Rasul 5:3 – 5  Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? (5:4)  Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." (5:5) Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.
1 Korinyus 2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
1 Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Ketritunggalan dari Allah dinyatakan dalam Matius 28:19; 3:16-17 dan 2 Korintus 13:14.
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus   
Matius 3:16 – 17  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, ( 3:17) lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.
2 Korintus 13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian
Pikiran manusia yang sangat terbatas akan sulit untuk menjelaskan arti dari keesaan dan ketritunggalan Allah. Ada yang menjelaskan bahwa Allah itu satu dan sama dalam hakikatNya tetapi berbeda dalam pribadiNya. Gambaran yang bisa diberikan untuk menjelaskan tentang tritunggal adalah air, dimana jika suhu berubah, air dapat menjadi padat (es), uap dan cair. Semuanya air, meskipun berlainan sebagai es, uap dan cair.

Doktrin Trinitas ditolak/diabaikan:
*      Terkesan sebagai permainan matematik yang membosankan dan tidak logis (JAT Robinson)
*      Konsep keilahian dan kemanusiaan Kristus tidak rasional, maka Trinitas juga tidak rasional (Pencerahan)
*      Biblisisme: istilah ‘Trinitas’ tidak terdapat dalam Alkitab
*      Allah tidak mungkin dijelaskan secara objektif (Kant)
*      Konteks multikultural: tidak mendukung upaya mencari pijakan bersama dengan monotheisme radikal

Kebangkitan kembali minat terhadap TRINITAS
*      Reaksi terhadap kecenderungan terlalu mudah mengakomodasi Injil pada pemikiran-pemikiran modern
*      Reaksi terhadap implikasi negatif monotheisme radikal
*      Konsep Trinitas Agustinus tidak dipertahankan lagi
*      Trinitas dipahami lebih sebagai ‘the living focus of life and thought ketimbang sekadar dogma’

ALASAN-ALASAN PENTINGNYA DOKTRIN TRINITAS:
*      Konsistensi dengan gereja mula-mula
*     Jawaban/kontribusi Kristen terhadap masalah-masalah otoritarianisme (monotheisme radikal), relativisme (atheisme, polytheisme, postmodernisme).
*      Kontekstualisasi: Trinitas lebih ‘make sense’ bagi masy.Timur, yang pada dasarnya berbudaya triunisme.
*      Kristologi maupun Pneumatologi di luar konteks Trinitas akan berat sebelah.


Syahadat Orang Kristen :
Pengakuan Iman
Dalam bahasa Indonesia :

Aku Percaya Kepada Allah Bapa Yang Maha Kuasa,khalik langit dan bumi

Aku Percaya kepada Yesus Kristus, Anaknya yang tunggal Tuhan kita. Yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, yang turun ke dalam  kerajaan Maut. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati , naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah,   Bapak yang Maha Kuasa. Dari sana akan dating kelak, untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Aku percaya kepada Roh Kudus, dan adanya satu gereja yang kudus ; persekutuan orang kudus; Pengampunan dosa; Kebangkitan daging ; dan Hidup yang Kekal.


Dalam Bahasa Batak :

Ahu porsea di Debata Jahowa, I do Ama, Pargogo na so hatudosan na tumompa langit dohot tano.

Ahu porsea di Jesus Kristus, Anak ni Debata Jahowa, na sasada i; i ma na tinubuon ni si Maria na gabegebean sian Tondi Porbadia andorang so habubuhan; i do Tuhanta, na tumaon na bernit di panguhuman ni si Latus; na mate tarpajal do Ibana di hau pinarsilang , na tuat tu Banua Toru, dung ditano, na mulak mangolu di ari patoluhon, na manaek tu surgo; laho hundul tu siamun ni Debata Jahowa, AmaNa i, Pargogo na so hatudosan I, disi ma Ibana, paima mulak sogot tu tano on manguhumi halak  na mangolu dohot na mate.

Ahu porsea di Tondi Porbadia, jala adong sada huria nabadia, Huria Hatopan ni halak Kristen angka na badia,dohot dihasesaan ni dosa, dohot di Hata i, na mandok : mulak mangolu sogot daging ni halak naung mate, dohot dihangoluan na so ra suda.



Dalam Bahasa Indonesia:
Pasal 1:
Aku Percaya Kepada Allah Bapa Yang Maha Kuasa,khalik langit dan bumi

Maksudnya adalah:

Aku percaya, bahwa ada Allah yang menciptakan saya dan segala makhluk. diperlengkapiNya saya dengan tubuh dan jiwa, mata, telinga dan seluruh anggota tubuhku, pikiran dan segala perasaan. Dan hingga kini dipeliharakanNya semua. Juga diberikan kepadaku pakaian, makanan setiap hari dan segala sesuatu yang kubutuhkan dalam hidup. Hidupku dipelihara agar  jangan binasa dan dilindungi dari bahaya. Segala kebaikan Allah tersebut diberikan kepadaku bukanlah karena kebaikan kelakuanku, atau oleh karena untung nasib hidupku, melainkan hanya anugerah Tuhan dan kebaikanNya saja. Oleh sebab itu menjadi kewajibanku berterima kasih, memuji, melayani serta menaati firmanNya. Demikianlah sesungguhnya.

Pasal 2:
Aku Percaya kepada Yesus Kristus, Anaknya yang tunggal Tuhan kita. Yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, yang turun ke dalam  kerajaan Maut. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati , naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah,   Bapak yang Maha Kuasa. Dari sana akan dating kelak, untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Maksudnya adalah:

Aku percaya, bahwa Yesus  adalah Allah yang sesungguhnya, yang diperanakkan BapaNya dari kekekalan, dan juga Dia adalah manusia yang sesungguhnya, yang lahir dari gadis perawan Maria. Dia adalah Tuhanku, yang menebus dan yang menyelamatkan aku manusia yang sesat dan terkutuk, ditebusNya dan dimenangkanNya aku dari segala dosa, dari kematian  dan dari kuasa Iblis, bukanlah dengan emas atau perak, melainkan dengan darahNya yang kudus dan mahal, dan dengan penderitaan dan kematianNya yang tidak karena dosaNya. Supaya aku menjadi milikNya dan  dan hidup menjadi warga kerajaanNya serta melayaniNya di dalam keadilan yang kekal, tidak berdosa, penuh berkat, juga sama seperti Dia bangkit dari kematian, hidup dan memerintah untuk selamalamanya. Demikianlah sesungguhnya.

Pasal 3:
Aku percaya kepada Roh Kudus, dan adanya satu gereja yang kudus ; persekutuan orang kudus; Pengampunan dosa; Kebangkitan daging ; dan Hidup yang Kekal.

Maksudnya adalah:

Aku percaya bahwa aku tidak dapat dengan pikiran atau  kekuatanku sendiri mempercayai  Yesus Kristus, Tuhanku, atau dating kepadaNya, tetapi Roh Kudus telah memanggil aku melalui Injil menerangi hatiku dengan pemberianNya, menguduskan dan memelihara Aku  di dalam kepercayaan yang benar. Juga seperti Dia  selalu memanggil, mengumpulkan, menerangi dan menguduskan seluruh Gereja Kristen di dunia dan memeliharanya melalui Yesus Kristus di dalam satu-satunya iman yang benar itu, dan juga di dalam Gereja itu Dia setiap hari bermurah hati mengampuni dosaku dan dosa seluruh orang percaya. Dan pada hari yang terakhir Ia akan membangkitkan aku serta semua orang mati dan memberikan kepadaku serta kepada semua orang yang percaya kepada Yesus Kristus kehidupan yang kekal. Demikianlah sesungguhnya.

1 komentar:

  1. שלום/ Shalom buat semua saudara-saudari Kristen. Sudah pernah ada yang mendengar tentang Shema Yisrael? Kalimat ini pernah dikutip oleh Yesus di dalam Injil Markus 12 ayat 29, yang kalau kita lihat paralel dengan ayat di Ulangan 6 ayat 4. Orang Yahudi biasanya mengucapkan Shema Yisrael sebelum memulai ibadah mereka sebagai wujud pengakuan iman tentang YHWH ( dibaca menjadi " Adonai " ) adalah Elohim mereka dan bahwa YHWH ( Adonai ) itu esa. Di sini saya minta ijin untuk membagikan ayat dalam bahasa Ibrani aslinya beserta cara mengucapkannya ( huruf Ibrani dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab ) 👇🏻

    Teks Ibrani : " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד " ( Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad )

    Umumnya dilanjutkan dengan mengucapkan berkat : " ברוך שם כבוד מלכותו לעולם ועד " ( barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed )

    ש🕎✡️🐟📜🖖🏻✝️🗺️🕊️🌾🍇🍎🍏🥛🍯🍷

    BalasHapus